Cara Membuat akun dan Menjual NFT pada OpenSea

Belajarlah dari bawah dan nikmati prosesnya...

Halo Sobat Siber 😊

Saat ini sedang hangat-hangatnya nih pembicaraan mengenai NFT setelah ada anak indonesia yang berhasil menjual NFT nya hanya dengan foto selfinya saja dan dihargai ratusan hingga miliaran rupiah! wah gila banget yah. sejak saat itu juga NFT ini menjadi sangat viral di indonesia meski sebelumnya NFT juga sudah ada namun belum seterkenal sekarang.

 

Nah maka dari itu Mimin bakalan kasih tau nih cara bikin akun dan menjualnya pada platform yang bernama Open Sea ( tempat jual-beli NFT itu sendiri). langsung aja cekidot!!

Tutoria menjual NFT tanpa gas fee pada Open Sea

Non-Fungible Token atau yang biasa disebut dengan NFT menjadi perbincangan yang hangat akhir-akhir ini. Pundi pundi cuan bisa didapatkan dengan cara menguploadnya pada marketplace NFT seperti OpenSea, Rarible, Foundation, SuperRare dan lain-lain.

 

OpenSea  adalah pasar pertama yang diluncurkan di jaringan blockchain Ethereum. Ini adalah pasar terbesar yang terdiri dari banyak aset digital.

 

Platform ini dijadikan pilihan bagi pembeli, penjual, maupun kreator aset digital khususnya NFT untuk bertransaksi karena cenderung mudah digunakan.

 

Namun platform pada OpenSea jika ingin menjual NFT maka diperlukan gas fee. Namun tidak perlu khawatir, karena OpenSea menyediakan platform gratis fee dalam penjualan NFT yaitu Polygon.

 

Diperlukan tiga hal untuk membuka akun pada platform OpenSea yaitu :

  1. Digital Currency (ETH),

    Anda bisa mendapatkan ETH, mata uang digital yang digunakan untuk transaksi di blockchain Ethereum, dari pertukaran mata uang digital seperti Coinbase. Anda memerlukan ETH untuk Mint (Mencetak) NFT, membeli NFT, dan untuk biaya gas transaksi.

  2. Crypto Wallet,

    Anda memerlukan Crypto Wallet, seperti MetaMask untuk menyimpan ETH Anda dan memproses transaksi di blockchain Ethereum. Crypto Wallet Address akan dibuat dan Anda akan menggunakan Address ini untuk menyelesaikan transaksi.

  3. NFT,

    Nft itu sendiri pastinya, karena jika anda anda sudah punya akun nya, pastinya anda memerlukan barang yang ingin anda jual kepada khalayak. Dan pastikan barangmu / NFT mu memiliki makna atau value agar bisa bernilai dimata orang lain.

Cara Membuat collection NFT di OpenSea secara gratis

Jadi Sekolah Siber akan memberi tahu nih cara untuk mendaftarkan akun pada platform Polygon.
  1. Buka situs OpenSea yang beralamatkan di OpenSea.io, kemudian klik Create
  2. Kamu harus terlebih dahulu memiliki Ethereum Wallet untuk mendaftar di OpenSea. Kamu bisa memilih salah satu diantara Crypto wallet ini seperti MetaMask, CoinBase Wallet, dan lain-lain.
  3. Jika belum pernah mempunyai CryptoWallet anda bisa memilih MetaMask karena populer dan mudah untuk mendaftarnya.
  4. Install ekstension meta mask, kemudian kamu hanya perlu next terus hingga memasukan passwordnya. Kemudian ferivikasi secret phase dan selesai jadi deh Crypto Wallet mu.
  5. Setelah itu kembali ke OpenSea Klik pada gambar profil di kanan atas halaman, kemudian klik Profile
  6. Klik “My Collections”, lalu klik “Create a collection”.
  7. Masukkan logo, deskripsi, banner, link medsos, dan atur royalti.
  8. Di sinilah kamu akan memilih blockchain untuk menciptakan NFT. Pilih “Polygon
  9. Kamu sudah bisa membuat NFT setelah membuat collection nya deh.

Cara NFT di Polygon

  1. Setelah membuat collection, kamu kini bisa mulai membuat NFT. Klik “Add item” di pojok kanan atas.
  2. Upload karyamu (gambar, video, audio, atau animasi, max size 100MB) dan isi semua kolom yang disediakan.
  3. Ada satu benefit yang bisa kamu dapat dari bikin NFT di polygon. Kamu bisa minting karyamu dengan menambah jumlah “Supply”.
  4. Setelah kamu selesai mengisi semua informasi yang dibutuhkan, klik tombol “Create” untuk membuat NFT.
  5. NFT gratis gas fee pertama kamu di Polygon sudah selesai!
  6.  

Cara Menjual NFT di Polygon

  1. setelah selesai dibuat, NFT kamu belum masuk ke dalam listing alias belum siap dijual. Untuk itu, masuk ke laman NFT kamu, lalu klik “Sell”..
  2. Selanjutnya, isi kolom untuk melengkapi data seperti harga jual, currency, dan sebagainya.
  3. Selesai mengonfirmasi data penjualan, klik “Complete listing”. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke window lain untuk menyelesaikan listing
  4. Klik “Sign”. Wallet kriptomu lalu akan memintamu sign lagi.
  5. Kalau kamu pakai MetaMask Klik “Sign” lagi untuk menuntaskan authorization
  6. Kamu akan mendapat konfirmasi “Your NFT is listed!”. Selamat, NFT gratis gas fee kamu telah berada di listing!

Selain benefit minting dan gratis gas fee, kamu harus tahu juga kekurangan Polygon sebagai marketplace NFT. Dari segi traffic, Polygon pasti akan lebih kecil dari indukannya, OpenSea, sehingga kemungkinan NFT mu terjual menurun.

Akhir Kata

Demikian artikel SeSi ini cara menjual NFT pada OpenSea. Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang baru saja terjun pada dunia Per-NFTan ini. Hati-hati dalam terjun pada hal baru ke dunia siber, tetap stay on the track! Salam siber!.

Terima kasih sudah membaca, semoga harimu bahagia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Silahkan bergabung dengan Komunitas Sekolah Siber

× Bantuan